Gempa 6,9 SR Di Sulawesi Tengah Berpotensi Tsunami, Warga Dihimbau Mengungsi

by -195 views
Ilustrasi Gempa (Istimewa)

Konsepnews.com – Gempa bermagnitudo 6,9 menguncang Sulawesi Tengah pada pukul 18.40 WIB. pihak BMKG sendiri menyampaikan gempa bumi magnitudo 6,9 yang terjadi di kedalaman 10 kilometer yang mengguncang sebagian Sulawesi Tengah (Sulteng) berpotensi tsunami.

“Pusat gempa berada di 1,90 Lintang Selatan dan 122,54 Bujur Timur atau 85 km barat daya Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah, 113 timur laut Morowali Sulawesi Tengah dan 233 timur laut Kendari Sulawesi Tenggara dengan kekuatan magnitudo 6.9 dengan kedalaman 10 kilometer, dan berpotensi tsunami,” tulis Info BMKG seperti yang dikutip tim Konsepnews.com, Jumat (12/4/2019).

Tak hanya memperingatkan untuk segera mengungsi akibat potensi tsunami untuk daerah Banggai, Sulawesi Tengah, Pihak BMKG pun sempat mengeluarkan Peringatan untuk daerah Morowali, Sulawesi Tengah.

“Gempa yang terjadi tadi cukup keras dan mengagetkan kami dan gempa itu terjadi hampir 6-10 detik. Dan menurut informasi berpotensi tsunami terjadi di Banggai Kepulauan, Morowali, Luwuk dan sebagian Sulawesi Tengah lainnya. Sehingga BMKG memperingatkan untuk mengungsi sementara. Dan kamipun telah dianjurkan mengungsi karena ada laporan, air laut di pantai sudah surut,” ungkap salah seorang warga yang dihubungi beberapa media.

Peringatan Tsunami akhirnya Dicabut

Peringatan dini terjadinya tsunami akibat gempa 6,9 yang mengguncang Sulawesi Tengah yang di infokan BMKG sejak terjadinya gempa pukul 18.40 WIB sendiri sekitar pukul 19,47 WIB, peringatan dini tersebut dinyatakan berakhir. Hal itu diinfokan BMKG dalam situs resminya.

“Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:6.9, tanggal: 12-Apr-19 18:40:49 WIB, dinyatakan telah berakhir,” tulis BMKG dalam situs resminya. fk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *