Pemkot Tangerang Kucurkan BOP Rp9,3 Milyar untuk SD dan SMP

by

Konsepnews.com, Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengucurkan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BOP) untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Mengah Pertama (SMP) dan sederajat swasta yang ada di wilayah Kota Tangerang.

Dana BOP yang dikucurkan untuk sekolah tingkat SD dan SMP sebesar Rp 9.232.950.000. Demikian diungkapkan Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang, Totong Suwarto dalam keterangan persnya, Rabu (18/11/2020).

Totong Suwarto menyatakan penyaluran BOP untuk tingkat SD dan MI swasta triwulan 4 tahun 2020 sudah ditransfer ke sekolah melalui bank BJB.

“Mekanismenya dari dinas pendidikan langsung di TF ke rekening sekolah, di mana untuk tingkat SD dan MI kita sudah menggelontorkan anggaran sebesar 2.617.950.000 untuk 117 sekolah total siswa sebanyak 1950 untuk tingkat SD dan untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 15.503 siswa,” ungkap Totong.

Totong menambahkan, pemberian dana BOP ini diperuntukan bagi sekolah yang siap untuk membebaskan biaya SPP murid. Mekanismenya, sekolah mengajukan dana BOP ke Disdik Kota Tangerang.

Kemudian bila mendapat persetujuan, BOP tersebut akan diberikan Disdik ke rekening sekolah.

“Jumlah besaran BOP yang kita berikan ke sekolah itu tergantung dari jumlah siswanya per siswa itu 50 ribu tinggal dikalikan saja dengan jumlah siswa. DImana untuk dana yang kami kucurkan dalam triwulan 4 tahun 2020 ini untuk BOP selama 3 Bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk tingkat pendidikan Menengah Pertama (SMP) atau sederajat, Disdik Kota Tangerang telah mengucurkan dana Rp 6.615.000.000 yang diberikan kepada 100 SMP dan 50 Madrasah Tsanawiyah (Mts) dengan total siswa sebanyak 21 ribu.

Mekanisme yang sama pun juga diberlakukan, seperti yang dilakukan oleh tingkat SD atau MI. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.