Akhirnya, Zaskia Sungkar Melahirkan Anak Pertama Melalui Operasi Cesar

by

Konsepnews.com – Kabar bahagia datang dari pasangan selebriti Zaskia Sungkar dan Irwansyah, Selasa (30/3/2021), Zaskia Sungkar melahirkan anak pertamanya.

Kabar tersebut diketahui dari Insta Story akun instagram dokter Tiwi. Dalam video yang ia bagikan, tampak suasana ruang bersalin yang penuh haru dan bahagia menyambut kelahiran anak pertama yang telah ditunggu-tunggu Zaskia Sungkar dan Irwansyah tersebut.

Foto: Zaskia Sungkar dan Irwansyah saat menantikan kelahiran sang buah hati

Irwansyah juga terlihat mengumandangkan azan pada bayinya. Lantunan azan yang ia kumandangkan terdengar merdu dan menggetarkan hati.

Dalam vlog yang diunggah pasangan tersebut unggah beberapa waktu yang lalu, istri Irwansyah itu mengaku sudah berkali-kali merasakan kontraksi palsu. Ternyata memang selang beberapa hari setelahnya, Zaskia akhirnya melahirkan.

Sebelumnya, artis 30 tahun ini ingin sekali melahirkan normal. Tapi, ada satu hal yang membuatnya harus berkonsultasi ke dokter lebih dahulu. Ia mengatakan bahwa kepala bayinya sudah turun, tapi belum dekat dengan jalan lahir. Akhirnya, ia dan Irwansyah memutuskan ke rumah sakit. Ketika itu kehamilannya sudah memasuki 39 minggu.

Foto: Zaskia Sungkar dan Irwansyah, instagram Zaskiasungkar15

“Ini lagi kontraksi terus, akhirnya kita mutusin ke dokter saja hari ini. Cuma sampai kemarin, ini kan udah masuk minggu 39, nah sampai kemarin itu belum ada kemajuan, kepala baby-nya ketemu jalan lahirnya. Jadi masih agak ke atas,” ungkap Zaskia Sungkar, dikutip dari YouTube The Sungkars.

Meski posisi kepala bayi sudah di bawah, dokter kandungan Zaskia Sungkar, dr.Reino Rambey, Sp.OG., tidak menyarankan untuk induksi. Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan dokter.

lg.php.gif

“Makanya dia bilang, pasien IVF itu boleh disarankan untuk caesar, tapi juga banyak banget yang normal. Enggak masalah. Nah, aku tuh masih positif banget bisa melahirkan normal, cuma ini udah masuk 39, tapi ya itu kendalanya, kepala baby-nya belum itu,” kata Zaskia Sungkar.

Zaskia Sungkar merasa serba salah karena kondisinya ini. Ia sempat berpikir mungkin telat untuk melakukan yoga, olahraga jalan kaki. Di sisi lain, ia juga diminta dokter untuk tidak terlalu kecapekan di usia 7 hingga 8 bulan.

“Mungkin aku telat kali ya buat yoga, jalan-jalan. Karena memang ada problem juga, karena di usia 7 bulan, 8 bulan, ada kondisi aku enggak boleh kecapekan. Jadi serba salah gitu,” tuturnya.

Setelah konsultasi ke dokter, Zaskia Sungkar kemudian diberi plus dan minus dari masing-masing metode persalinan. Karena Zaskia pun berada dalam kondisi tubuh yang sehat, dokter pun mempersilakan untuk menunggu jika memaksa untuk melahirkan normal. Namun, ia diingatkan bahwa batas waktunya seminggu lagi.

“Kalau mau nunggu silakan, tapi ingat ya minggu depan kamu udah 40, udah 5 hari aja enggak berubah. Nanti, kalau yang udah-udah tetap maksa 40 minggu lebih, induksi ujung-ujungnya caesar juga,” ujar Zaskia Sungkar, mengingat saran dokter.

Foto: Zaskia Sungkar bersama para pekerja medis yang akan menangani kelahiran anak pertamanya di rumah sakit

Selain posisi bayi, dokter kandungan juga memberi pengertian pada Zaskia bahwa perjuangan pasangan IVF sudah panjang, sementara untuk menunggu bisa melahirkan normal juga butuh perjuangan. Dokter tak ingin pasangan IVF ini terlalu lama dan capek menunggu kehadiran bayinya.

Dokter intinya, dari kemarin-marin udah jelaskan. Perjuangan kita udah panjang banget gitu. Bedanya yang hamil natural, kalau yang IVF, perjalanan panjang banget,” kata Zaskia Sungkar.

“Udah capek banget dari yang kita program, apalagi kita operasi dulu, setahun lebih. Kata dokter, jangan bikin kamu stres sendiri,” ungkapnya, mengulang saran dari dokter.

Zaskia pun sebenarnya dalam keadaan sehat, demikian pula bayinya. Hanya saja, posisi bayi agak jauh dari jalan lahir, yang membuatnya sedikit khawatir. Akhirnya, dari pertemuan itu diputuskan kalau metode persalinan yang bakal dilalui Zaskia adalah caesar.

“Sampai sekarang udah ikhtiar dulu, cuma ya udah. Meskipun enggak ada masalah, baby sehat, aku sehat. Masalahnya jaraknya itu. Nah, jadi ya sudah, kita putuskan untuk caesar yang penting aku dan baby sehat, doakan aja deh,” ujar Zaskia Sungkar. mln