Dirlantas Polda Metro Himbau Warga Jakarta Tak Rayakan Malam Tahun Baru di Jalan

by

Konsepnews.com, Jakarta – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menghimbau masyarakat Jakarta tidak keluar rumah dan turun ke jalan untuk merayakan malam tahun baru.

Dikatakannya, hal ini untuk mengantisipasi adanya kerumunan dan keramaian di tengah situasi pandemi, dan menghindari pelanggaran protokol kesehatan di malam tahun baru.

“Kami menghimbau masyarakat Jakarta tidak turun ke jalan merayakan tahun baru. Tidak ada perayaan tahun baru, tidak ada kembang api di HI, di Monas, di manapun karena kaitannya dengan protokol kesehatan,” ujar Kombes Pol Sambodo, di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020).

Seperti diketahui, belakangan kerap sekali komunitas otomotif yang berkonvoi, sampai ada juga balapan liar, dan ini akan ada penindakan dari pihak kepolisian.

“Kami menghimbau kepada komunitas yang kerap melakukan ‘Night Rider’ untuk tidak keluar ke jalanan. Karena kami akan melakukan penindakan, apalagi kini masuk Operasi Lilin. Kita berupaya untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan menghindari kerumunan,” tandas Dirlantas Polda Metro Jaya.

Kombes Pol Sambodo menuturkan, pihaknya akan berkonsentrasi di tengah kota Jakarta, khususnya pada malam tahun baru. “Kita akan jaga di semua titik kumpul massa. Jadi himbauan kita agar masyarakat merayakan tahun baru di rumah. Sebab tempat wisata akan tutup jam 5 sore, dan angkutan umum tidak beroperasi lagi pada jam 8 malam. Jadi tidak ada apa-apa malam tahun baru di Jakarta,” tegasnya.

Jika melanggar, pihaknya tak akan segan melakukan penindakan. “Akan ada juga tindak di tempat atau sidang di tempat nanti. Kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti pihak Kejaksaan dan lainnya. Jadi kita harap sebisanya warga Jakarta tidak bepergian selama Natal dan Tahun Baru,” pungkas Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo. yz