Lebih Dari 70 Designer & Label Ramaikan Jakarta Fashion Week 2022

by

Konsepnews.com – Tahun ini, Jakarta Fashion Week genap memasuki tahun ke-14. Kembali diselenggarakan virtual seperti tahun lalu, JFW 2022 akan hadir selama 4 hari, dari tanggal 25-28 November 2021 yang bisa disaksikan secara livestream di JFW.tv dan kanal youtube Jakarta Fashion Week, serta live di Facebook Jakarta Fashion Week juga di instagram dan tiktok @jfwofficial.

Jakarta Fashion Week hadir bukan hanya sebagai tontonan fashion belaka, melainkan juga sudah menjadi kiblat dan panduan untuk fashion di tahun selanjutnya. Hadir dalam bentuk virtual sejak tahun lalu, Jakarta Fashion Week tetap berhasil dinikmati oleh para fashion enthusiast di banyak kota besar di Indonesia, hingga internasional. Hal ini membuktikan bahwa arahan fashion yang dipersembahkan Jakarta Fashion Week memang selalu dinantikan.

Masa pandemi yang masih melanda tentu saja memengaruhi gaya hidup dan berbagai aspek industri, termasuk dunia mode. Hal ini menimbulkan perubahan pemetaan dari para desainer Indonesia. Rancangan busana dan aksesori yang diciptakannya akan berfokus pada faktor kenyamanan, fungsional, dan kepraktisan.

“Disrupsi yang terjadi membuat desainer dan label harus lebih peka terhadap konsumen dan harus bisa beradaptasi terhadap digital agar mereka bisa menjadi unggul. Oleh karena itu, kita menyebutnya ‘Excellence in Disruption’.Agar tetap bisa relevan di tengah ketatnya kompetisi, setiap pelaku harus siap menghadapi perubahan disruptif ini,” ungkap Svida

Alisjahbana, Ketua Umum JFW, sekaligus Direktur Utama GCM Group.Menghadirkan lebih dari 70 designer dan label Tanah Air yang dibalut ke dalam 16 show, para perancang dan label yang terlibat di JFW 2022 datang dari berbagai kutub yang
mewakili segmen quirky ready-to-wear, ready-to-wear, premium ready-to-wear, luxury ready-to-wear, dan haute couture.

JFW 2022 juga menghadirkan Fashion Conversation, sebuah program di luar penayangan peragaan busana utama, yang berkolaborasi dengan berbagai praktisi dan ahli di industri mode untuk membedah mode dari berbagai perspektif dan topik, salah satunya adalah bersama Pascal Morand, Executive President of the Fédération de la Haute Couture et de la Mode, Prancis.Fashion Conversation akan ditayangkan selama JFW 2022 berlangsung dan bisa dinikmati secara gratis dengan mengakses JFW.tv.

Tidak ketinggalan, JFW 2022 mempersembahkan koleksi dari para finalis Lomba Perancang Mode (LPM) 2021, Fashion Force Award, Indonesia Fashion Forward, dan Dewi Fashion Knights.

Lazada Indonesia – e-commerce destinasi fashion di Indonesia, yang menjadi official sponsor untuk ke-3 kalinya di Jakarta Fashion Week – siap menyajikan 3 showsuper menarik di JFW 2022. Begitu juga dengan Senayan City, yang merupakan official venue/ production space JFW 2022.

“Bentuk kerja sama yang kami berikan adalah mendukung para desainer muda untuk menampilkan karya mereka agar bisa dinikmati oleh para penggemar fashion di Indonesia. Di tahun ini, kami juga memberikan pengalaman membeli dengan cara yang baru, seperti teknologi See Now Buy Now. Jadi, ketika show berlangsung, fashion enthusiast bisa langsung membeli karya para desainer atau label,” jelas Irene Inonu, VP of Marketing Branding Strategist Lazada.

“Sudah 9 tahun Senayan City bekerja sama dengan Jakarta Fashion Week dan ini bukan perjalanan yang singkat. Dipercaya sebagai official venue untuk JFW adalah privilegebagi kami. Bersama dengan JFW, kami sangat mendukung seluruh desainer lokal dengan memberikan ruang, yaitu Fashionlink, agar penggemar desainer ini bisa membeli produk mereka dan karya para desainer sendiri bisa tersalurkan dengan baik dari segi bisnis,” ungkap Jaclyn Halim, General Manager of Leasing & Marketing Communication Senayan City.

Make Over juga mendukung Jakarta Fashion Week sebagaimakeup partnerJFW 2022 dan L’Oreal Professionnel sebagai hairdo partner.

“Ketika membicarakan tentang fashion, pasti JFW terlintas di benak banyak orang. Oleh karena itu, selama masih ada kesempatan untuk bekerja sama dengan JFW, Make Over juga akan hadir,” ujar Stephanie Lie, Group Head Make Over and Skin Specialist of Paragon.

“Senang rasanya bisa kembali berpartisipasi lagi di JFW untuk ke-9 kalinya. Tidak lengkap jika peragaan busana tanpa tatanan rambut. Jadi, rasanya L’Oreal Professionell dan JFW adalah pasangan yang tepat. Dengan JFW dihadirkan secara virtual, L’Oreal Professionnel sangat bersemangat untuk bekerja sama ke depannya lagi,” tutur Dana Gading, Product Manager L’Oreal Professionnel.

Bekerja sama dengan tiktok pun kembali dilakukan oleh JFW 2022, setelah tahun lalu kolaborasi keduanya menghasilkan jutaan impresi. Di tahun ini, tiktok menjadi platform untuk mengadakan audisi virtual JFW Model Search dan mendapat view 28 juta.

“Kolaborasi bersama JFW ini merupakan salah satu cara untuk menjembatani tiktok dengan para desainer atau label agar mereka bisa menyampaikan ceritanya di tiktok dan
terhubung langsung dengan komunitas kreatif yang ada di tiktok. Di tahun ini, tiktok juga menjadi platform livestreaming JFW 2022 dengan menggunakan fitur terbaru tiktok, yaitu tiktok Live,” papar Angga Anugrah Putra, Head of Operations tiktok Indonesia.

Seluruh rangkaian Jakarta Fashion Week 2022 pun berkolaborasi dengan berbagai pihak lainnya, dari Mandiri Private, GSI Lab, Softies, Fibe-Mini, Teh Botol, Heavenly Blush, Sunpride, ERHA, Astagraphia, Pinterest, LINE, Istituto Marangoni, Indonesian Contemporary Art & Design, CBN Fiber, dan gushcloud

“Softies bangga sekali menjadi bagian dari JFW sebagai health protocol partner. Seperti yang kita tahu, di masa pandemi ini semua orang pasti menggunakan masker, sehingga membuat masker tidak hanya sebagai proteksi, tetapi juga bagian dari fashion. Memiliki misi yang sama dengan JFW, Softies juga merilis motif unik lainnya, seperti batik, agar pengguna tetap bisa tampil fashionable,”kata Kezia Tesalonika, Brand Manager Softies.

Sejumlah institusi, baik nasional maupun internasional, seperti Enjoy Jakarta, Plus Jakarta, Istituto Marangoni, Indonesian Contemporary Art & Design, British Council, Institut Français, Erasmus Huis, Asia Model Festival Organizing Committee (AMFOC), dan Department of International Trade Promotion (DITP – Thai Trade Center, Jakarta) juga menjadi rekan JFW 2022 selama penyelenggaraannya.

Saksikan fashion show Jakarta Fashion Week 2022 di JFW.tv dan YouTube Jakarta Fashion Week serta platform lainnya pada 25-28 November 2021.