Miss Jambi Juarai Miss Indonesia 2019

by -502 views

Perhelatan Malam Grand Final Miss Indonesia 2019 telah usai. Miss Jambi, Princess Mikhaelia Audrey Megonondo didapuk sebagai Miss Indonesia 2019, Jumat (15/2/2019) malam, di MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Princess Mikhaelia sukses menyisihkan 34 finalis lainnya, dan berhak mewakili Indonesia di kontes kecantikan Miss World tahun ini.

Sementara itu, runner up 1 Miss Indonesia 2019 diraih Miss Banten, Elisa Jonathan. Lalu runner up 2 jatuh ke pangkuan Miss Sulawesi Utara, Miss Sulawesi Utara, Sharon Sumolang. Ditemui seusai memenangi Miss Indonesia 2019, Princess Mikhaelia mengaku sangat terharu sekaligus bahagia dengan prestasi yang diraihnya malam itu.

“Saya merasakan dukungan dari banyak pihak, dari finalis semuanya. Tanpa kalian, Princess nggak akan di sini. Aku mencintai kalian,” ujar Princess.

Foto-foto: Istimewa

Princess Mikhaelia Audrey Megonondo adalah wanita kelahiran 30 Agustus 2000, ia adalah mahasiswi Universitas Bina Nusantara jurusan International Bussines. Beberapa kali ia telah menorehkan prestasi dalam bidang akademik, khususnya kompetisi bahasa asing. Princess menguasai tiga bahasa asing, yakni Bahasa Inggris, Mandarin dan Perancis.

Di perhelatan malam final, serasa ada yang spesial. Bagaimana tidak, baru kali ini sejak ajang Miss Indonesia digelar, Dewan Juri memilih Top 7, yang dipilih lantaran dinilai ada tujuh finalis yang layak masuk ke sesi selanjutnya. Maka dari itu dipilihlah tujuh finalis dari sesi Top 15 oleh Dewan Juri, yang terdiri dari Liliana Tanoesoedibjo, Ferry Salim, Peter F Saerang, Natasha Mannuela, dan Maria Harfanti.

Dari tujuh finalis di Top 7, barulah ditetapkan juara satu hingga posisi tujuh besar. Miss Jambi, Princess Mikhaelia Audrey Megonondo keluar sebagai juara pertama, lalu disusul juara dua atau runner up 1 adalah Miss Banten, Elisa Jonathan. Kemudian Miss Sulawesi Utara, Sharon Sumolang sebagai runner up 2 atau juara ketiga.

Selanjutnya Miss Jawa Timur, Tamara Gondo menempati posisi empat, Miss Nusa Tenggara Timur, Magdalena Rosari Ndona di posisi Top 5, Miss Maluku, Yolanda Luciana sebagai juara enam, dan Miss Sulawesi Barat, Vebiantri Hananto di posisi tujuh besar.

Princess Mikhaelia Audrey Megonondo

Menariknya, selama sejarah Miss Indonesia berlangsung, baru di tahun ini wakil Jambi meraih mahkota Miss Indonesia. Sebelumnya, tercatat hanya empat wanita saja wakil Jambi yang pernah masuk di Top 16, Top 15, dan juga Top 5.

Misalnya, pada 2006, wakil Jambi, Karina Indah Isyana Putri hanya menempati posisi Top 15. Begitu pula dengan Nadya Patricia Yobelina yang pernah meraih Top 15 di tahun 2017 lalu. Posisi Top 16 juga pernah diraih wakil Jambi, Natasya Dey pada tahun 2018 lalu.

Posisi tertinggi sebelum tahun 2019 ini hanya pernah berada di Top 5 pada tahun 2016, lewat Nita Naomi. Tahun 2019 ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jambi karena menempatkan wakilnya menjadi Miss Indonesia 2019. Crown Miss Indonesia tahun ini disematkan oleh Miss Indonesia 2018, Alya Nurshabrina, yang juga dibantu oleh Miss World 2018, Vanessa Ponce dari Meksiko.

Setelah ini, Princess Mikhaelia Audrey Megonondo memiliki waktu beberapa bulan ke depan untuk mempersiapkan dirinya menuju kontes Miss World 2019 yang bakal dihelat di Thailand. Diharapkan, wakil Indonesia yang baru ini bakal bisa mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Tahun lalu, wakil Indonesia hanya bisa meraih posisi Top 30 di Miss World. Sementara pencapaian Indonesia tertinggi di Miss World hanya pernah diraih dua kali, lewat Maria Harfanti tahun 2015 dan Natasha Mannuela 2016 silam. ic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *