Ristorante Pianta, Restoran Italia dengan Harga Merakyat

by

Konsepnews.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia pada umumnya sudah sangat mengenal makanan Italia sejak lama, sebut saja seperti Pizza dan Spaghetti, ditambah lagi belakangan mulai disukai pasta.

Makanan khas Italia di Indonesia tentunya cukup mahal untuk kantong masyarakat menengah ke bawah. Nah, belum lama ini, hadir sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Italia namun dengan harga yang tak bikin dompet kebobolan.

Di bilangan Jakarta Pusat, tepatnya di dekat Mal Grand Indonesia, di Jalan Teluk Betung No 45, Kelurahan Kebon Melati, berdiri sebuah restoran bernama Ristorante Pianta. Dikemas dengan konsep yang kasual serta sangat cozy untuk duduk menikmati makanan dan minuman di sana.

“Jadi konsep restoran ini kita buat agar orang bisa menikmati makanan Italia dengan tempat yang nyaman dan dengan harga terjangkau. Siapa saja bisa datang, karena kalau di Italian Restoran umumnya kan lebih ke fine dining ya,” ujar Silvia Wiajaya, Founder Ristorante Pianta” saat ditemui di acara grand opening, Minggu (8/5/2022).

Suasana di bar Ristorante Pianta

Silvia mengungkapkan, menu yang ada di restorannya itu tentu tak jauh berbeda dengan restoran Italia lainnya. Untuk harga pun disebutnya cukup terjangkau. “Rata-rata menu di sini dari mulai Rp 70 rb – Rp 120 ribu, dan hanya ada dua item saja yang mahal, karena dari basic bahannya mahal,” ujarnya.

Yang menjadi unggulan di Ristorante Pianta adalah menu Pasta, seperti Peperoncino, pasta udang yang dimasak dengan minyak olive murni dicampur dengan bawang putih, kubis dan cabai. Ada juga Nero Squid Ink, menu special pasta dengan saus cumi, tomat dan campuran sayuran.

Sajian live music di Ristorante Pianta

“Menu pada umumnya sama, tapi varian dari spagehtti dan pasta kami lebih banyak, kita juga tidak mengikuti spaghetti yang biasanya rebusannya lunak, tapi benar-benar bikin yang rasa kita, jadi tengah-tengahnya masih keras,” jelas Silvia.

Seluruh masakan di Ristorante Pianta diracik oleh Chef Nakamura. Chef asal Jepang itu, kata Silvia, pernah menetap di Italia selama 15 tahun dan mendalami kulier Italia di negerinya langsung. Dari Italia dia kembali ke Jepang dan sempat bekerja di salah satu restoran Italia yang pastanya sangat terkenal dan franchisenya juga ada di Indonesia.

“Chef Nakamura punya visi yang berbeda dengan konsep fine dining, dia ingin lebih explore ke pasar rakyat, dari sana dia mau develop saus, dan lainnya,” sebut Silvia.

Silvia Wijaya (Founder) dan Sugiharto Seno (Co Founder) Ristorante Pianta

Seluruh sayuran yang digunakan dalam menu di restoran ini menggunakan sayuran organik yang diambil langsung dari para petani.

Di saamping itu, Sugiharto Seno, Co Founder Ristorante Pianta yang juga seorang seniman dan musisi menuturkan, ia bergabung mendirikan Ristorante Pianta karema makanan Italia salah satu makanan faforitnya. “Saya lama tinggal di luar negeri, dan makanan Italai salah satu makanan favorit saya,” ujarnya.

Seno dikenal sebagai pendiri Asian Roots Band, salah satu grup musik reggae asal Indonesia yang berdiri tahun 1985. Dengan latar belakang seni yang dimilikinya, Seno menyebut dirinya lebih banyak mengeksplor sisi seni untuk disajikan di Ristorante Pianta. “Setiap dua kali dalam sepekan kita ada live music, dan ada event tertentu yang kita lakukan seperti pirate night dan lainnya,” tukasnya. yz

No More Posts Available.

No more pages to load.