Kemenparekraf Luncurkan Program Aksilarasi untuk Berdayakan Masyarakat dalam Ciptakan Produk Kreatif Unggulan

by
Program Aksilarasi ini dilaksanakan dengan pendekatan community development yang berfokus pada pendampingan untuk membantu masyarakat dalam proses penciptaan produk kreatif unggulan hingga tahap monetisasi untuk mengisi ruang dan kebutuhan destinasi super prioritas. foto: dok. kemenparekraf

JAKARTA, KONSEPNEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat membuka acara IdeaFest 2024 pada 26-29 September 2024 lalu di Jakarta Convention Center, mengungkapkan bahwa event tersebut bertujuan untuk menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk berbagi ide-ide kreatif dan berkolaborasi dalam mengembangkan inovasi baru.

“IdeaFest dimulai dari sebuah event yang penuh dengan ide-ide kreatif dan telah berkembang selama 13 tahun menjadi event terbesar untuk ekonomi kreatif di Indonesia,” ungkap Sandiaga.

Ia menekankan pentingnya apresiasi terhadap ide-ide kreatif yang dihasilkan dalam event ini untuk memperkuat sektor Ekonomi Kreatif di Tanah Air dan pada kesempatan yang sama, Sandiaga juga memberikan penghargaan Idea Awards kepada sejumlah tokoh berpengaruh, antara lain Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, yang dinilai telah menghadirkan ide-ide inovatif.

Pada kesempatan yang sama Menparekraf juga meluncurkan program Aksilarasi, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendampingi dan memberdayakan masyarakat dalam menciptakan produk kreatif unggulan di lima Destinasi Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Program ini mengedepankan pendekatan pengembangan komunitas, membantu masyarakat dalam proses penciptaan produk kreatif hingga tahap monetisasi.

“Program Aksilarasi mencakup pemetaan potensi, inkubasi kreatif, dan digitalisasi produk. Tahun ini, produk-produk hasil inkubasi sudah memasuki tahap launching untuk distribusi dan komersialisasi,” jelas Sandiaga.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi dengan berbagai distributor untuk memastikan produk-produk hasil inkubasi dapat terdistribusi secara efektif.

Beberapa mitra yang terlibat antara lain Goldilocks untuk subsektor film dan seni pertunjukan, Musik Bagus untuk subsektor musik, serta Elex Media Komputindo untuk subsektor penerbitan.

Dengan adanya IdeaFest 2024 dan program Aksilarasi, Sandiaga berharap dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. san/* foto-foto: dok. kemenparekraf

No More Posts Available.

No more pages to load.